Rabu, 25 September 2013

Tugas Human Relation Teknik Hubungan Antar Manusia



Nama: Wilis Budiarsy
Nim: D1512089
D3 Manajemen Adm - A
FISIP UNS

Teknik Hubungan Antar Manusia

Hubungan antar manusia adalah suatu komunikasi yang dilakukan oleh seseorang dengan orang lain secara tatap muka dalam berbagai keadaan (misalnya, secara etis, ramah, sopan, menghargai, dan menghormati orang lain) agar menimbulkan kebahagiaan dan kepuasaan hati pada kedua belah pihak.
Didalam pelaksanaan hubungan antar manusia atau human relation, ada beberapa teknik. Berikut ini adalah beberapa teknik yang terdapat dalam hubungan antar manusia, yaitu :
1.     Tindakan sosial
Menurut Max Weber, tindakan sosial adalah tindakan seorang individu yang dapat mempengaruhi individu lain dalam masyarakat. Tindakan sosial dibedakan menjadi :
a.       Tindakan rasional instrumental adalah tindakan yang memperhitungkan kesesuaian antara cara dan tujuan atau antara efisiensi dengan efektifitas.
b.      Tindakan rasional berprestasi nilai adalah tindakan yang berkaitan dengan nilai dasar dalam masyarakat.
c.       Tindakan tradisional adalah tindakan yang dilakukan berdasarkan pertimbangan adat istiadat atau kebiasaan.
d.      Tindakan afektif adalah tindakan yang dilakukan seseorang atau kelompok berdasarkan perasaan atau emosi.

2.     Kontak sosial
Kontak sosial adalah hubungan antara satu pihak dengan pihak lain yang merupakan terjadinya awal interaksi sosial. Kontak sosial juga dibedakan menjadi dua :
a.       Cara pihak yang berkomunikasi : baik langsung maupun tidak langsung.
b.      Cara terjadinya : kontak primer maupun kontak sekunder.

3.     Komunikasi social
Proses komunikasi terjadi saat kontak sosial berlangsung. Secara harfiah komunikasi merupakan hubungan atau pergaulan dengan orang lain.

4.     Teori hubungan antar manusia
Manusia adalah makhluk social. Manusia tidak bisa hidup sendirian, sebab jika hanya sendirian ia tidak "menjadi" manusia. Dalam pergaulan hidup, manusia menduduki fungsi yang bermacam-macam.
Dalam hubungan antar manusia, terdapat tiga teori yang dapat membantu menerangkan model dan kualitas hubungan antar manusia:
a.      Teori transaksi (model pertukaran sosial)
Human relation berlangsung mengikuti kaidah transaksional, yaitu apakah masing-masing merasa memperoleh keuntungan dalam transaksinya atau malah merugi. Jika merasa memperoleh keuntungan maka hubungan itu pasti mulus, tetapi jika merasa rugi maka hubungan itu akan terganggu, putus, atau bahkan berubah menjadi permusuhan.
b.      Teori peran
Pergaulan sosial sudah ada aturan main yang disusun oleh masyarakat yang mengatur apa dan bagaimana peran tiap orang dalam pergaulannya. Dalam aturan main tersebut sudah tertulis apa yang harus dilakukan oleh seseorang. Misalnya, seorang ayah sudah ada aturan main harus bagaimana menjadi ayah, begitupun yang dilakukan oleh ibu, anak, dan lain-lain.
Dalam teori ini, jika seseorang tersebut mematuhi aturan main tadi, maka hidupnya akan harmoni, tetapi jika menyalahi aturan tersebut, maka ia akan dicemooh oleh orang lain.
c.       Teori permainan
Klasifikasi manusia terbagi menjadi tiga yaitu anak-anak, dewasa dan orang tua. Masing-masing individu mempunyai sifat yang khas. Anak-anak itu manja, tidak mengerti tanggung jawab. Sedangkan orang dewasa, ia lugas dan sadar akan tanggungjawabnya. Adapun orang tua, ia lebih dapat memahami dan memaklumi kesalahan oranglain. Tidak ada orang yang merasa aneh melihat anak kecil menangis terguling-guling ketika minta eskrim tidak dipenuhi, tetapi orang akan heran jika ada orang tua yang masih kekanak-kanakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar